Polres Sikka Laksanakan Latpra Oprasi Bina Karuna Turangga 2022 Untuk Pencegahan Karhutla

Polres Sikka Laksanakan Latpra Oprasi Bina Karuna Turangga 2022 Untuk Pencegahan Karhutla

Tribratanewssikka.com, Maumere - Menjelang pelaksanaan Operasi Bina Karuna Turangga 2022, WakaPolres Kompol Fajar Firgantara Syarifuddin, S.I.K., membuka pelatihan Latihan pra Operasi Bina Karuna Turangga 2022, bertempat di Ruangan PPKO Polres Sikka, Senin (01/08/2022).

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabagops Akp Darius Kore, Kasat Binmas Iptu Markus Mamu Subang, Kasat Intelkam Iptu Misbar, SH. KBO Satbinmas Ipda Fransiskus Somba Say, Para Kapolsek Sejajaran dan  Personel yang terlibat Operasi Bina Karuna Turangga 2022 Polres Sikka.

 

Dalam kesempatan tersebut, WakaPolres mengatakan kegiatan Operasi Bina Karuna Turangga 2022 bertujuan dalam rangka pencegahan terhadap kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) khususnya di Kabupaten Sikka.

 

“Operasi ini bertujuan untuk pencegahan terhadap KARHUTLA, maka lakukan upaya pencegahan dan himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar hutan atau lahan dalam membuka kebun.

 

Tindakan pembakaran hutan dan lahan merupakan suatu tindakan yang melanggar hukum. Bahkan dapat dikenakan sanksi pidana, sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku. " Ucap Wakapolres Sikka.

 

Wakapolres Sikka Kompol Fajar Virgantara Syarifuddin, S.I.K juga mengajak para Kapolsek sejajaran agar melakukan himbauan dan sosialisasi kepada pemilik lahan maupun perusahaan terkait pelarangan pembukaan lahan dengan cara membakar, karena pembakaran tersebut dapat menimbulkan dampak buruk dalam segala aspek.

 

“Kapolsek agar lakukan himbauan dan sosialisasi dimana mengedepankan tindakan Pre-Emtive dan Preventif (pencegahan niat dan kesengajaan pelaku) kepada para pengusaha dan masyarakat,” Ungkap Wakapolres Sikka.

 

Sosialisasi seperti ini mampu memberikan pencerahan, serta kesadaran sosial dan kesadaran hukum kepada seluruh elemen warga masyarakat, untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, tambahnya.

 

Ia juga mengintruksikan kepada personel yang terlibat Operasi Bina Karuna agar melengkapi perangkat Operasi seperti perangkat lunak serta perangkat keras dalam mendukung terlaksananya Operasi Bina Karuna Otanaha diPolres Pohuwato.

 

“Harapan kita semua tentunya, semoga Karhutla tidak terjadi pada wilayah hukum Polres Sikka. Untuk itu, ayo kita bersama-sama mencegah adanya Karhutla guna terciptanya kondisi aman kondusif. (h17)