Polres Sikka Sukses Gelar Operasi Patuh Turangga 2024: Kesadaran Lalu Lintas Meningkat, Pelanggaran Menurun

Polres Sikka Sukses Gelar Operasi Patuh Turangga 2024: Kesadaran Lalu Lintas Meningkat, Pelanggaran Menurun

Sikka, 23 Juli 2024 – Satuan Lalu Lintas Polres Sikka menggelar operasi penertiban kendaraan bermotor dalam rangka Operasi Patuh Turangga 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) di wilayah hukum Polres Sikka.

Operasi yang dilaksanakan pada Selasa, 23 Juli 2024, dimulai pukul 16.00 WITA di dua lokasi utama, yaitu Jln. Mgr. Soepriyatno dan Jln. Kilo Dua. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Sikka, AKP Ratna Yuda Tupong, dengan didampingi oleh KBO Sat Lantas Ipda Efraim Emanuel dan Kanit Turjawali IPDA Ngurah Manik. Operasi ini juga melibatkan personil dari berbagai satuan, termasuk Polres Sikka, Kodim 1603-Sikka, Lanal Maumere, Brimob Batalyon C, Dispenda, dan Dishub.

Operasi Patuh Turangga 2024 menyasar pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Beberapa pelanggaran yang menjadi fokus utama dalam operasi ini antara lain :

 

Pengendara yang tidak menggunakan helm SNI.Penggunaan ponsel saat berkendara.Pengendara di bawah umur.Pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang. Melawan arus. Berkendara di bawah pengaruh alkohol. Melebihi batas kecepatan yang ditentukan. Penggunaan knalpot racing (brong). Kendaraan yang tidak dilengkapi surat-surat resmi. Pelanggaran over load dan over dimensi. Pick-up yang mengangkut orang Pelanggaran rambu lalu lintas.

 

Sebelum operasi dimulai, seluruh personil melaksanakan apel dan mendapatkan arahan tentang pelaksanaan kegiatan penertiban. Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan terhadap pengendara yang tidak memiliki Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau TNKB yang sudah habis masa berlakunya. Penindakan yang dilakukan berupa tilang dan teguran bagi pengendara yang melanggar aturan.

 

Hasil dari operasi ini sangat positif. Terciptanya Kamseltibcar Lantas yang aman, lancar, dan tertib di wilayah Kabupaten Sikka menjadi bukti keberhasilan operasi ini. 

 

Selain itu, operasi ini juga berhasil meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas serta pentingnya keselamatan dalam berkendara. Hal ini diharapkan dapat mengurangi jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Sikka.