Puluhan Personel Polres Sikka dan Brimob Yon B Pelopor Maumere Laksanakan Tes Psikologi Pemegang Senpi

Puluhan Personel Polres Sikka dan Brimob Yon B Pelopor Maumere Laksanakan Tes Psikologi Pemegang Senpi
Puluhan Personel Polres Sikka dan Brimob Yon B Pelopor Maumere Laksanakan Tes Psikologi Pemegang Senpi

Tribratanewssikka.com, Maumere – Personil Polres Sikka melaksanakan tes psikologi bagi personil yang memegang senpi atau yang hendak mengajukan permohonan pinjam pakai senpi dinas, Rabu (8/3) pagi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Bag SDM Polres Sikka selaku bagian pembinaan personil yang dibantu oleh Biro SDM Polda NTT dilaksanakan di Aula P. A. Tiwon Polres Sikka.

Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K., didampingi Kasubbag Binkar Bag SDM Polres Sikka Iptu Yasinta Djari dan tim Psikologi Polda NTT Iptu Juan Arturo Djara, M.Psi. memimpin pelaksanaan kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh perwira Polres Sikka, dan personil bintara Polres Sikka dan Polsek jajaran yang memegang serta beberapa personil perwira dan bintara Brimob Batalyon B Pelopor Maumere.

Dalam kesempatan tersebut, PS Paur Subbagpispers Bagpsi Ro SDM Polda NTT Iptu Juan Arturo Djara, M.Psi., mengatakan mengatakan psikotes senpi ini rutin dilaksanakan setiap 6 bulan sekali dengan tujuan untuk mencegah dan meminimalisir pelanggaran penggunaan senpi oleh personel Polres Sikka dan jajaran.

Tes tersebut merupakan persyaratan wajib untuk mengetahui keadaan jiwa pemegang senpi dan untuk pertimbangan layak atau tidak memakai senpi oleh kesatuan tugas baik untuk memperpanjang izin atau pengajuan izin baru.

Selain melaksanakan tes psikologi, Bag Sumda Polres Sikka dan Biro SDM Polda NTT melaksanakan pembinaan dengan Mapping dan Konseling kepada personel Polres Sikka.

Kasubbag Binkar Bag SDM Iptu Yasinta Djari mengatakan “Kita lihat track record-nya jika yang bersangkutan lulus semua tahap tetapi track record-nya buruk misalnya berperilaku buruk, maka tidak boleh memegang senjata api,” tegasnya.

Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K.,  melalui Akp Margono, S.E., Kasihumas membenarkan kegiatan tes psikologi senpi pada Rabu (8/3) pagi.

“Menggunakan senpi harus sesuai SOP (standar operasional prosedur) sehingga kami harapkan dapat lulus tes dan layak direkomendasikan sebagai pemegang senpi organik Polri untuk mendukung pelaksanaan tugas dan mengantisipasi jangan sampai terjadi pelanggaran saat anggota memegang senpi” pungkasnya.