Sambut HUT Humas Polri ke-72, Polres Sikka Tanam Bibit Mangrove Sebagai Pelestarian Lingkungan

Sambut HUT Humas Polri ke-72, Polres Sikka Tanam Bibit Mangrove Sebagai Pelestarian Lingkungan

Tribratanewssikka.com, Maumere - Dalam rangka peringatan HUT Humas Polri yang ke-72, Kepolisian Resor Sikka bersama personil TNI dan Basarnas serta masyarakat setempat tanam mangrove di pesisir pantai Desa Kolisia B, Kec. Magepanda, Kab. Sikka, Jumat(13/10/2023) pagi.

Kegiatan tersebut di pimpin Kasihumas Polres Sikka Iptu Susanto, SE.  Kasihumas
dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Humas Polri Ke-72 Tahun, pihaknya melaksanakan penanaman bibit pohon magrove untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Penanaman pohon mangrove ini memiliki tujuan untuk menjaga keberlanjutan ekosistem alam dan laut, Mangrove memiliki manfaat ganda, yakni dalam menjaga kestabilan daerah pesisir dan mengurangi abrasi, serta sebagai habitat bagi berbagai spesies laut yang penting bagi ekosistem laut,” tuturnya.

Sementara itu Iptu Susanto, SE juga menambahkan penanaman mangrove ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan daerah hijau, sehingga selain berpotensi menjadi daerah resapan air dan pelindung ekosistem flora dan fauna di wilayah pesisir, juga menjadi obyek wisata lingkungan yang menarik.

“Mudah-mudahan penanaman pohon mangrove ini, dapat mendorong masyarakat untuk punya kepedulian yang sama dengan lingkungan, sehingga alam kita bisa terjaga, karna penghijauan adalah salah satu hal yang penting untuk kelestarian lingkungan kita,” pungkasnya.

Kasihumas menambahkan penanaman pohon seperti ini tak hanya akan membantu generasi saat ini, tetapi hingga beberapa generasi berikutnya.

“Penanaman pohon mangrove ini tidak hanya dilakukan di sini, tapi serentak di seluruh Indonesia sebagai wujud nyata Polri membantu mengatasi dampak perubahan iklim,” tegas Kasihumas.

Sementara itu masyarakat setempat yang turut hadiri dalam kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terimaksih kepada Polres Sikka atas partisipasi kegiatan penanaman mangrove di wilayah tersebut.

“Saya sebagai masyarakat disini mengucapkan terimaksih kepada Polres Sikka yang telah melaksanakan penanaman mangrove, mudah-mudahan pohon mangrove ini bermanfaat bagi ekosistem dan mengurangi dampak dari abrasi di pantai,” ucapnya.