Satuan Lalu Lintas Polres Sikka Gelar Operasi Keselamatan Turangga Menjelang Idul Fitri 1445 H

Satuan Lalu Lintas Polres Sikka Gelar Operasi Keselamatan Turangga Menjelang Idul Fitri 1445 H

Maumere, 8 Maret 2024 - Satuan Lalu Lintas Polres Sikka melaksanakan kegiatan Operasi Keselamatan Turangga - 2024, dalam rangka menciptakan kondisi Kamseltibcar Lantas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 di wilayah Polres Sikka. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan preemtif dan preventif secara humanis kepada pengendara kendaraan bermotor.

Dipimpin oleh Kasat Lantas Polres Sikka AKP Ratna Yuda Tupong dan didampingi oleh KBO Sat Lantas Ipda Efraim Emanuel, kegiatan ini berlangsung pada Kamis, 7 Maret 2024, mulai pukul 16.00 Wita hingga 18.00 Wita. Lokasi pelaksanaan operasi melibatkan Jln. Ahmad Yani (Depan Mako Polres Sikka) dan Jln. Raja Centis (Depan Bank BRI Kanca Maumere).

Kegiatan ini melibatkan kuat personil yang terdiri dari personil Operasi Turangga 2024 dan 10 personil dari UPTD Samsat Maumere.

Sasaran kegiatan operasi ini adalah pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran secara kasat mata yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Beberapa pelanggaran yang menjadi fokus antara lain tidak menggunakan helm SNI, menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, pengendara sepeda motor berbonceng lebih dari satu orang, melawan arus, berkendara dalam pengaruh alkohol, melebihi batas kecepatan, dan penggunaan knalpot racing (brong).

Proses penindakan dilakukan melalui apel dan pemberian Arahan Pemberitahuan Pelanggaran (APP) sebelum pelaksanaan operasi. Selanjutnya, tim melaksanakan patroli, pengamanan, dan pengaturan di tempat-tempat rawan pelanggaran, kemacetan, dan kecelakaan. Selama operasi, dilakukan juga teguran, himbauan, dan edukasi kepada pengendara kendaraan bermotor yang terjaring dalam pelanggaran.

Hasil yang berhasil dicapai melalui kegiatan ini antara lain terciptanya Kamseltibcar Lantas di Wilayah Kabupaten Sikka, peningkatan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat terhadap pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas dan keselamatan dalam berkendara. Selain itu, kegiatan ini juga mampu mencegah dan mengurangi pelanggaran serta angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Sikka.

Secara keseluruhan, operasi Keselamatan Turangga 2024 berjalan aman, lancar, dan tertib, menunjukkan komitmen Polres Sikka dalam menjaga keselamatan dan ketertiban berlalu lintas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.