Unit Kamsel Laksanakan Dikmas Lantas 'PKS' Bersama Siswa SMPN 1 Maumere

Unit Kamsel Laksanakan Dikmas Lantas 'PKS' Bersama Siswa SMPN 1 Maumere

Maumere, 3 Juni 2024 - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Maumere menggelar kegiatan "DIKMAS LANTAS" (Pendidikan Masyarakat Lalu Lintas) yang diprakarsai oleh Patroli Keamanan Sekolah (PKS) pada hari Senin, 3 Juni 2024, pukul 09.00 WITA. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh PS. Kanit Kamsel Bripka Aris Marsudi, bersama satu personil unit kamsel, Briptu Siska Longge.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pemberian materi mengenai pengaturan lalu lintas, termasuk 12 gerakan lalu lintas. Selanjutnya, para siswa-siswi diberikan pelatihan gerakan PBB (Peraturan Baris Berbaris), serta diperkenalkan dengan bunyi peluit yang menandakan gerakan stop, menjalankan, memperlambat, dan mempercepat kendaraan. Para siswa-siswi juga diberi kesempatan untuk mempraktekkan langsung 12 gerakan lalu lintas dan gerakan PBB tersebut.

"Kegiatan ini sangat penting untuk menanamkan kesadaran berlalu lintas sejak dini kepada para siswa. Dengan memahami 12 gerakan lalu lintas dan gerakan PBB, mereka tidak hanya mampu menjaga keselamatan diri sendiri, tetapi juga keselamatan orang lain di jalan," ujar PS. Kanit Kamsel Bripka Aris Marsudi.

Kegiatan PKS berlangsung aman dan tertib, serta mendapatkan respons positif dari para siswa-siswi yang antusias mengikuti setiap sesi. Mereka dapat memahami betapa pentingnya tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama.

Kegiatan "DIKMAS LANTAS" PKS ini selesai pada pukul 10.00 WITA dan diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran berlalu lintas di kalangan siswa-siswi SMP Negeri 1 Maumere.