Unit Turjawali Rutin Laksanakan Patroli dan Pengaturan Lalu Lintas Pagi

Unit Turjawali Rutin Laksanakan Patroli dan Pengaturan Lalu Lintas Pagi

Sikka, 19 Januari 2024 - Unit Turjawali Satuan Samapta Polres Sikka kembali melaksanakan kegiatan rutin Patroli dan Strongpoint Pagi Pengaturan Arus Lalu Lintas. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Januari 2024, dimulai pukul 06.30 Wita dan berakhir pukul 07.45 Wita.

Kasat Samapta Polres Sikka Iptu Putu Sumadi, S.H., mengatakan sebagai upaya meningkatkan kesadaran keselamatan di jalan raya, kegiatan ini mengarahkan patroli ke tiga sasaran utama yakni masyarakat pengguna jalan, ruas jalan yang padat dilalui kendaraan dan tempat-tempat sekolah.

“Tim Turjawali fokus pada perempatan atau simpul jalan yang padat dilalui kendaraan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan arus lalu lintas, khususnya di pagi hari yang menjadi waktu intensitas kegiatan masyarakat di jalan sangat tinggi” jelas Kasat.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam patroli dan pengaturan lalu lintas pagi ini melibatkan kegiatan proaktif, seperti meningkatkan kesadaran masyarakat tentang ketertiban berlalu lintas, pengaturan arus lalu lintas di perempatan atau simpul jalan untuk menghindari kemacetan, memberikan bantuan kepada pejalan kaki, khususnya pelajar, saat menyebrangi jalan untuk mencegah kecelakaan, dan memberikan himbauan dan edukasi kepada pengguna jalan yang tidak mematuhi peraturan berlalu lintas.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kanit Turjawali Aipda Agustinus Harapan, bersama lima personil lainnya yaitu Bripda Alfaja R. Wahid, Bripda Cesarius Y. Bogar, Bripda Teofilus Aji Pani, Bripda Lois De M. J Kompo, dan Bripda Victor M. Pratama Mou.

“Dalam melaksanakan patroli dan pengaturan lalu lintas, tim Turjawali menggunakan 5 unit sepeda motor KLX yang memungkinkan mobilitas dan respons cepat dalam menanggapi situasi di lapangan,”

“Kegiatan rutin Patroli dan Strongpoint Pagi Pengaturan Arus Lalu Lintas ini mendapat dukungan positif dari masyarakat. Diharapkan kehadiran Satuan Samapta Polres Sikka dapat terus memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan ketertiban dan keselamatan di jalanan serta membantu masyarakat untuk mematuhi peraturan berlalu lintas,” pungkas Iptu Sumadi.