Wakapolres Sikka Pantau Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Di Kantor KPU Kab. Sikka.

Wakapolres Sikka Pantau Penyortiran dan  Pelipatan Surat Suara Di Kantor KPU Kab. Sikka.

Tribratanewssikka.com - Maumere • Ditengah ademnya konstilasi politik jelang Pemilu 2024, tahapan  Pemilu di Kab.Sikka terus berjalan. Bahkan saat ini, sudah memasuki proses pelipatan Surat Suara. 

 

Untuk memastikan proses tahapan pemilu 2024 berjalan lancar, wakapolres Sikka Kompol Ruliyanto J. P. Pahroen, S.Sos., S.I.K. meninjau langsung proses pelipatan surat suara di Kantor  KPU Kab. Sikka, Rabu (20/12/2023). 

Pengawasan dari awal pemilu hingga saat ini terus kami lakukan untuk menjaga agar Pemilu di Kabupaten Sikka berjalan aman dan kondusif," ungkap Wakapolres Sikka. Kompol Ruliyanto J. P. Pahroen, S.Sos., S.I.K.

 

Lanjut Wakapolres Sikka mengatakan bahwa mengenai potensi kerawanan, Polres Sikka juga sudah melakukan antisipasi sejak awal. "Antisipasi sudah kita lakukan agar kerawanan tidak terjadi di Wilayah Hukum Polres Sikka, dan pengamanan lebih ditingkatkan lagi, saat pembagian surat suara. ungkapnya.

 

Sementara Ketua KPU Kab.Sikka,  Yohanes Krisostomus Feri menjelaskan pelipatan surat suara sejatinya sudah dimulai hari ini Rabu ( 20/12/2023 ). Tim relawan telah melaksanakan proses penyortiran dan pelipatan surat suara. Ungkap Ketua KPU Yohanes Krisostomus Feri.

 

Dihari pertama proses penyortiran dan pelipatan surat suara tim relawan menemukan banyak surat suara yang robek dibagian pinggir dan noda  terkena tinta cetak. Dengan temuan tersebut tim relawan melaporkan ke Komisoner dan disarankan untuk memisahkan surat suara yang rusak dan cacat. 

 

Diakui ketua KPU kab. Sikka sudah menerima laporan  surat suara yang cacat.  Namun   ia  belum mengetahui   jumlah surat suara cacat di  hari pertama sortir.“ Sortir masih  berlangsung dan akan  terlihat di akhir  berapa  yang rusak atau cacat,” ujar Ketua KPU Yohanes Krisostomus Feri.