WakaPolres Sikka Tinjau Lokasi Pasca Banjir dan Tanah Longsor di Kewapante

WakaPolres Sikka Tinjau Lokasi Pasca Banjir dan Tanah Longsor di Kewapante

Tribratanewssikka.com - Maumere.Jumad 19 April 2024, pukul 21.00 WITA, telah dilaksanakan peninjauan lokasi oleh Wakil Kepala Kepolisian Resor (WakaPolres) Sikka, Kompol Ruly J.P. Pahroen, S.Sos, S.I.K., menyusul peristiwa banjir dan tanah longsor yang melanda sejumlah pemukiman di wilayah hukum tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kabag Ops Polres Sikka, AKP I Wayan Oka Deswata, SE, Kasat Reskrim Polres Sikka, AKP Jumpatua Simanjorang, S.T.K., S.I.K., Kasat Intelkam Polres Sikka, IPTU Suparjo, S.Sos, Kasat Samapta Polres Sikka, IPTU Putu Sumadi S.H., Kapolsek Kewapante, IPTU Alexander Subang, serta personil turjawali Sat Samapta Polres Sikka dan Bhabinkamtibmas Polsek Kewapante.

 

Menyikapi dampak luapan air yang berasal dari Jembatan Napungseda akibat hujan deras sejak Kamis, 18 April 2024, hingga Jumat, 19 April 2024, dini hari, WakaPolres Sikka mencatat bahwa perairan di Dusun Namangkewa dan Dusun Namang Jawa, Kewapante, mulai surut secara perlahan. 

 

Untuk mengatasi genangan air tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) Sikka telah melakukan pembobolan dan pemasangan gorong-gorong pada jalan masuk menuju Polsek Kewapante dan Mako Brimob Kompi B Pelopor. Hal ini dilakukan dengan menggunakan 1 buah Excavator dan 1 buah Loader, sehingga air dapat dialirkan menuju kali di samping Mako Polsek Kewapante, yang kemudian mengalir menuju Muara Pantai Namangkewa.

 

Dalam arahannya, WakaPolres Sikka menekankan dua hal penting kepada personel Polsek Kewapante. Pertama, adalah kesiapan dan respons cepat dalam mengambil langkah pada saat terjadi kejadian bencana alam seperti banjir yang terjadi saat ini. Kedua, adalah menjaga keselamatan dan kesehatan dalam pelaksanaan tugas di lapangan saat terjadi bencana alam.

 

Selanjutnya Pada pukul 22.00 WITA, WakaPolres Sikka bersama Camat Kewapante, Anselmus Moa S.E., Msi, serta perangkat desa dan personel turjawali Polres Sikka tiba di lokasi tanah longsor di Sina Wair, Dusun Dala Detut, Desa Hewokloang, Kecamatan Hewokloang, Kabupaten Sikka. Mereka melakukan peninjauan terhadap genangan Kali Napun Seda pasca terjadinya tanah longsor yang mengakibatkan putusnya akses jalan Sinawair-Hewokloang yang menghubungkan Desa Hewokloang dan Desa Kajowair.

 

Disebabkan oleh curah hujan tinggi sejak pagi kemarin, tanah longsor tersebut telah mengganggu akses transportasi di wilayah tersebut. WakaPolres Sikka menghimbau kepada personel Polres dan Polsek agar selalu sigap dan melaporkan perkembangan yang terjadi di lapangan.

 

Hingga saat ini, situasi di sekitar lokasi tanah longsor di Sinawair-Hewokloang terpantau aman. Rencananya, pada tanggal 20 April 2024, personel Polsek Kewapante bersama dengan Pemda Sikka dan masyarakat setempat akan melakukan peninjauan dan kurve di sekitar area longsoran.

 

Dengan demikian, giat peninjauan dan pengecekan pasca banjir di Wilayah Hukum Polsek Kewapante, berakhir pada pukul 22.50 WITA. Semua pihak diharapkan tetap waspada dan siap siaga menghadapi bencana alam yang dapat terjadi kapan pun.