"HUT RI ke-79 di Tanawawo Kecamatan Paga : Pawai Karnaval Jadi Ajang Unjuk Kreativitas "

Tribratanewssikka.com-Maumere - Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 di Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka, berlangsung meriah dengan digelarnya Pawai Kebudayaan "Karnaval" pada Kamis, 15 Agustus 2024. Kegiatan ini dimulai pada pukul 14.00 WITA dan melibatkan berbagai elemen masyarakat, mulai dari anak-anak hingga instansi pemerintah setempat.

Acara karnaval ini diikuti oleh 11 kelompok TK/PAUD, 14 sekolah dasar (SD), 2 sekolah menengah pertama (SMP), 5 pemerintahan desa, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), lintas sektor dinas instansi, dan sejumlah organisasi kemasyarakatan di wilayah Kecamatan Tanawawo. Partisipasi yang luas ini menunjukkan antusiasme masyarakat dalam menyambut HUT RI ke-79.

 

Karnaval dimulai dari Pertigaan Wolofeo dan berakhir di Kantor Camat Tanawawo, dengan peserta berbaris rapi dan menunjukkan berbagai atraksi budaya yang mencerminkan keragaman dan kekayaan tradisi lokal. Masing-masing peserta, mulai dari Pos PAUD hingga perwakilan desa dan sekolah, menampilkan kreativitas mereka dalam bentuk kostum dan atraksi yang memukau para penonton.

 

Dalam acara ini, turut hadir Camat Tanawawo, Kapolsek Paga, Danramil 1603-03 Paga yang diwakili oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua Perlombaan Bapak Erik Ruju Mara, serta tenaga kesehatan dan dokter dari Puskesmas Wolofeo. Tak hanya itu, kepala sekolah, guru-guru, dan perwakilan PAUD juga ikut serta dalam mendampingi para siswa dan peserta karnaval.

 

Keamanan acara dijamin oleh personel Polsek Paga, yakni Bripka Firmianus Weki dan Sertu Chornelis Keli, yang memastikan jalannya karnaval berlangsung tertib dan aman.

 

Setelah karnaval berakhir, acara dilanjutkan dengan kegiatan Gawi bersama—a traditional group dance—yang diikuti oleh para peserta dan masyarakat setempat. Momen ini juga dimanfaatkan untuk mengumumkan pemenang lomba karnaval yang disambut dengan antusias oleh seluruh peserta. Acara ditutup secara resmi oleh Camat Tanawawo, menandai berakhirnya rangkaian kegiatan pada pukul 17.00 WITA.

 

Selama seluruh rangkaian acara, tidak ada insiden yang mengganggu jalannya kegiatan. Peserta karnaval, termasuk anak-anak, tetap bersemangat hingga akhir tanpa ada yang mengalami gangguan kesehatan seperti sakit atau pingsan.

 

Perayaan ini bukan hanya menjadi ajang untuk memperingati kemerdekaan, tetapi juga untuk memperkuat kebersamaan dan rasa cinta tanah air di antara warga Kecamatan Tanawawo. Berita ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang menarik dan lengkap tentang kemeriahan dan kesuksesan acara Karnaval HUT RI ke-79 di Kecamatan Tanawawo, Sikka. ( C.m²⁴)