Kapolsek Lela bersama Bhabinkamtibmas Polsek Lela Polres Sikka Giatkan Sistem Pendinginan atau “Cooling System” di wilayah Hukum Polres Sikka menjelang Pemilukada Sikka 2024.

Tribratanewssikka.com-maumere.

Maumere,13-09-2024.

Untuk mewujudkan Pemilukada Sikka 2024 yang damai, aman dan kondusif maka Kepolisian Resor Sikka menggencarkan Operasi Sistem Pendinginan (Cooling System) di wilayah Hukum Polres Sikka.

Operasi ini melakukan kegiatan/aksi, baik secara langsung di lapangan maupun di ruang-ruang digital. Lebih jelasnya, operasi Cooling system mengutamakan dua tindakan, yakni pre-emptif dan preventif. 

Tindakan pre-emptif merupakan tindakan dari kepolisian yang mengedepankan pendekatan secara langsung kepada masyarakat seperti himbauan dan sosialisasi, sedangkan tindakan Preventif adalah tindakan pencegahan kegiatanPatroli,penjagaan,sambang,pengawalan dan tindakan lain kepolisian untuk mencegah terjadinya Gangguan Kamtibmas dan pelanggaran Hukum.

 

Berkaitan dengan Program Cooling System tersebut di atas, maka Kepala Kepolisian Resor Sikka,AKP HARDI DINATA H.,S.I.K,M.M memerintahkan Personil Polres Sikka jajaran, termasuk personil Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan Kegiatan Cooling System di wilayah Hukum Polres Sikka.

 

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa kegiatan ini lebih mengarah kepada pendekatan kepada semua elemen dan stakeholder Masyarakat Kab.Sikka terutama kepada para Tokoh Politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, organisasi masyrakat,paguyuban serta elemen-elemen dan stakeholder-stakeholder yang tersebar di Wilayah Kabupaten Sikka ,untuk mewudkan suasana yang aman,sejuk dan damai menjelang,saat maupun sesudah pemilukada Sikka 2024.

 

Semua Personil Polres sikka diterjunkan langsung Ke Masyarakat untuk melakukan pendekatan, penggalangan dan koordinasi dengan semua elemen masyrakat Kab.Sikka terutama kepada para tokoh masyrakat yang tersebar di wilayah Kabupaten Sikka dari tingkat Desa,kelurahan, kecamatan maupun wilayah Kabupaten Sikka.

 

Merespon perintah Kapolres Sikka, maka pada hari Kamis tanggal 12 September 2024, jam 10.00 wita,Kapolsek Lela IPTU I NYOMAN SIMEON bersama Personil Bhabinkamtibmas Polsek Lela BRIPKA LONGGINUS MANNU telah melaksanakan kegiatan Sambang dan Coolling System, patroli dialogis/sambang guna memastikan Siskamtibmas aman dan kondusif bagi warga masyarakat yg ada di desa du, kec. Lela,Kab.Sikka.

 

Kegiatan Cooling System dan Sambang yang dilakukan oleh Kapolsek Lela dan Bhabinkamtibmas adalah sebagai berikut:

1.Melakukan pendekatan dengan warga masyarakat & mengajak untuk bekerja sama dengan Polri dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif menjelang PILKADA

2.Menghimbau kpd warga masyarakat agar tidak terpengaruh dengan berita hoax yang dapat mengakibatkan terjadinya gangguan kamtibmas.*

3.Menghimbau masyarakat untuk tidak bermain judi dalam bentuk apapun.

4.Mengimbau kpd warga masyarakat agar jangan sampai terlibat Politik Uang(Money politic) , atau tindakan yg dpt merugikan diri sendiri dan orang banyak.*

5.Menghimbau masyarakat agar tertib dalam berkendara dan taat aturan berlalu lintas.

 

Warga Masyarakat sangat menenerima baik dan antusias dengan kegiatan tsb di atas, dan bersedia bekerjasama denga pihak Kepolisian dan elemen terkait untuk menjamin ketertiban dan keamanan di wilayah Hukum Polsek Lela. Kegiatan Koordinasi berjalan dengan aman dan lancar.*LT16PAG23*