Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Turangga 2022, Kapolres Sikka Tekankan Hal Ini

Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Turangga 2022, Kapolres Sikka Tekankan Hal Ini

Tribratanewssikka.com, Maumere –Dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 pada masa pandemi covid-19, Polres Sikka melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Turangga 2022, Senin (3/10). Operasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari kedepan hingga tanggal 16 Oktober 2022.

Apel gelar tersebut dipimpin oleh Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K., dengan perwira upacara Kabag Ops AKP Darius Kore dan Komandan Apel Kasat Lantas AKP Firamudin, S.H.

Hadir dalam Apel Gelar tersebut Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Ady Dharmawan, S.IP., PS.C, Dandim 1603 Sikka Letkol Inf. Muhammad Jafar, Danyon B Pelopor Maumere Kompol Gojal P. Malemba, S.IP., S.I.K., dan Kadishub Kab. Sikka Mauritius Minggo, S.T., M.T.

“Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Keselamatan dalam berlalu lintas sering diabaiakan hal itu dapat ditunjukan dari policital will pengguna lalu lintas,” ungkap Kapolres dalam amanatnya.

Berikut data jumlah kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di wilkum Polres Sikka berdasarkan data Satlantas dari bulan Januari-September 2022, Kecelakaan yang terjadi sebanyak 46 kejadian dengan korban meninggal dunia 26 orang, luka berat 29 orang, luka ringan 68 orang. Dan jumlah pelanggaran lalu lintas sebanyak 2.115 pelanggaran.

“Operasi ini merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, dan persuasive, serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan sasaran operasi ini meliputi segala bentu gangguan, amabang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan menggangu kamseltibcarlantas,” jelas Kapolres Sikka.

Sebelum mengakhiri amanatnya Kapolres menekankan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan Operasi Zebra Turangga 2022 di wilkum Polres Sikka.

“Sebelum mengakhiri, kepada seluruh jajaran perlu saya tekankan kembali, selama pelaksanaan Operasi agar (1) melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat rawan terhadap kemacetan, pelanggaran, dan laka lantas. (2) melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang kamseltibcarlantas. (3) hindari kontraproduktif yang dapat merusak citra polri. (4) lakukan Operasi Zebra ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat. (5) selalu memanjatkan doa agar Operasi Zebra ini dapat dilaksanakan dengan memberikan dampak dan manfaat yang baik bagi masyarakat.”

Usai pelaksanaan apel gelar, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan oleh Kapolres Sikka kepadal personil yang berprestasi dalam bidang tugasnya masing-masing. (k21)