SAT BINMAS POLRES SIKKA LAKSANAKAN KEGIATAN JUMAT CURHAT

Tribratanewssikka.com-maumere.

Maumere,30-08-2024,

Pada hari Jumat, tanggal 30 Agustus 2024, Pukul 10.00 Wita, bertempat di Nangahure Lembah, Kel.Wuring, Kec.Alok Barat, Kab.Sikka, telah berlangsung kegiatan "Jumat Curhat". Kegiatan di pimpin Kanit Bintibsos Polres Sikka AIPTU POLIKARPUS ARIFIN bersama Anggota Sat Binmas Polres Sikka.

 

Perlu diketahui bahwa salah satu Program kerja Pelayanan Masyrakat Polres Sikka adalah program "Jumad Curhat". Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Pihak Polres Sikka sampai ke tingkat Polsek dan Subsektor yang dilaksanakan setiap hari Jumad. Personil Polres Sikka yang ditugaskan oleh Kapolres Sikka untuk turun langsung ke masyarakat, melakukan Dialog, komunikasi, mendengar secara langsung setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat.  

 

Dalam kesempatan itu Kanit Bintibsos Sat Binmas Polres Sikka AIPTU POLIKARPUS ARIFIN bersama anggota memberikan pesan dan Himbaun yang disampaikan antara lain:

• Memberikan Himbauan Agar warga masyarakat yang sering minum Alkohol (Moke) untuk kurangi atau Hindari mengkonsumsi Alkohol (Moke) secara berlebihan karena dapat menyebabkan terjadinya Gangguan dan laka lantas, karena di Kabupaten Sikka Pemicu Utama terjadinya Tindak Pidana dan Kecelakaan Lalu Lintas adalah Moke/Alkohol. 

• Mengajak Masyarakat Agar dapat membantu Pihak Keamanan Polres Sikka dalam menjaga Situasi Kamtibmas, jika terjadi Gangguan Kamtibmas agar tidak melakukan Tindakan Main Hakim dan segera melaporkan ke Pihak Berwajib dalam Hal ini Bhabinkamtibmas yang bertugas di Desa Desa.

 

 

Selain itu juga Personil Sat Binmas Polres Sikka Menyampaikan kepada Masyarakat Nelayan agar selalu berhati-hati dalam melakukan aktifitasnya sebagai Nelayan Dan tidak melakukan Penangkapan Ikan dengan Cara yang melanggar Hukum, seperti Bom Ikan, Pukat Harimau, dengan cara Racun, dll.

• Terkait Permasalahan TPPO yang sering terjadi di Kab. Sikka.Agar Masyarakat memberikan informasi kepada Petugas Kepolisian jika menemukan Perekrutan Tenaga Kerja tanpa melalui Prosedur/Ilegal.

 

 

Hal - hal yang di sampaikan oleh Warga dalam kegiatan Jumad Curhat adalah:

1.Warga menanyakan terkait persyaratan pembuatan SIM serta biaya pengurusan SIM

2.Warga menanyakan Permasalahan terkait pemutaran musik yang berlebihan sebelum dan sesudah pesta. 

3.Warga Menanyakan tentang cara Pengurusan Ijin Keramain.

4.Warga menanyakan terkait sering dilaksanakan tilang oleh Satuan Lalu Lintas Polres Sikka.

5.Warga menanyakan Masalah perjudian yang marak terjadi di Kabupaten Sikka, tepatnya saat acara Duka.

 

 

Kanit Bintibsos AIPTU POLIKARPUS ARIFIN menanggapi dan Menjawab serta menjelaskan Curhatan dan keluhan masyrakat tersebut di atas, dan selanjutnya berkoordinasi dengan pimpinan untuk merespon segera permasalah yang terjadi.

 

 

Warga Masyarakat menerima dengan baik semua informasi, himbauan, arahan dan sangat berterima kasih, mendukung dan apresiasi Pihak keamanan Polres Sikka terkait kegiatan Jumat curhat.

*LT160AG23*