Seorang Pria Ditemukan Tewas Gantung Diri, Polres Sikka Lakukan Olah TKP

Seorang Pria Ditemukan Tewas Gantung Diri, Polres Sikka Lakukan Olah TKP

Tribratanewssikka.com, Maumere - Di Dusun Watukobu, Desa Watukobu, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka, tepatnya disebuah kebun terjadi tragedi gantung diri pada hari Jumat, tanggal 19 Januari 2024, sekitar pukul 01.00 Wita.

Identitas korban yang telah ditemukan gantung diri adalah HM, seorang pria Katholik yang tinggal di Habihogor, RT 004 / RW 002, Dusun Watukobu, Desa Watukobu, Kec. Kewapante, Kab. Sikka. Peristiwa ini pertama kali diketahui oleh saksi-saksi, yaitu istri korban, MEK (24 tahun) dan AN (48 tahun), seorang petani juga, yang tinggal di wilayah yang sama.

Kronologis kejadian diuraikan berdasarkan keterangan saksi AN. Pada pukul 01.00 Wita, saat AN hendak ke kamar kecil, dia mendengar teriakan meminta tolong dari istri korban. Tanpa ragu, AN bersama anaknya berlari menuju TKP. Sesampainya di TKP, mereka melihat korban tergantung di pohon Lamtoro, sedangkan istri korban yang dalam keadaan hamil besar berusaha menyelamatkannya.

AN segera berusaha menolong korban dengan naik ke atas pohon dan menarik kaki kanan korban. Sayangnya, upaya tersebut terlambat, karena HM sudah tidak bernyawa. Petugas kepolisian dari Polsek Kewapante dan Tim Inafis Polres Sikka kemudian dihubungi untuk menangani situasi tersebut.

Menurut keterangan dari istri korban, MEK, peristiwa ini dipicu oleh pertengkaran dalam rumah tangga pada pukul 00.30 Wita. Setelah pertengkaran, korban keluar dari rumah dan berjalan ke arah kebun milik iparnya. Saat istri korban melihat cahaya senter handphone di atas pohon Lamtoro, dia mendapati suaminya tengah tergantung dan masih bernafas. Istri korban yang sedang hamil besar berusaha memanjat pohon tersebut untuk menyelamatkan suaminya.

Pemeriksaan luar oleh dokter Rumah Sakit St. Gabriel Kewapante tidak menemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban, memperkuat dugaan bahwa ini adalah kasus gantung diri. Keluarga korban menyatakan menerima peristiwa ini sebagai musibah dan menolak dilakukannya otopsi.

Saat ini, jenazah HM disemayamkan di rumah duka di Habihogor dan dijadwalkan untuk dimakamkan di halaman rumah korban pada hari Jumad, tanggal 29 Januari 2023, pukul 16.00 Wita. Seluruh rangkaian kegiatan pengamanan TKP dan olah TKP telah dilaksanakan oleh pihak kepolisian dari Polsek Kewapante, dengan melibatkan Tim Inafis Sat Reskrim Polres Sikka, Kanit Intelkam Polsek Kewapante, dan Kanit Reskrim Polsek Kewapante.