"Gastrack Dihentikan : Polres Sikka Tertibkan Kegiatan Tanpa Izin Resmi"

Tribratanewssikka.com-Maumere. Pada Jumat sore, 26 Juli 2024, Wakapolres Sikka beserta jajarannya melaksanakan pembubaran kegiatan Gastrack yang berlangsung tanpa izin resmi dari kepolisian. Kegiatan ini berlangsung di belakang Kantor Bupati Sikka, Jalan Eltari, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, dari pukul 16.00 hingga 17.30 WITA.

Kegiatan yang menarik perhatian masyarakat setempat ini dihentikan setelah apel yang dipimpin oleh Wakapolres Sikka, Kompol Rulyanto J. Putera Pahroen, S.Sos., S.I.K. Apel ini dihadiri oleh KBO Samapta IPTU I Made Sutama, Perwira Pengawas IPDA Josep Y. Sadipun, serta personel Sat. Samapta Polres Sikka dan personel Polres Sikka lainnya yang sedang bertugas.

Setelah apel, Wakapolres Sikka dan personel Polres Sikka langsung turun ke lapangan untuk melakukan pembubaran kegiatan Gastrack yang tidak mengantongi izin resmi dari pihak Kepolisian. 

 

Selama proses pembubaran, pihak kepolisian memberikan himbauan kepada para penonton dan peserta, menginformasikan bahwa kegiatan harus dihentikan karena tidak berizin resmi dan mengajak mereka meninggalkan lokasi dengan tertib. Petugas juga mengingatkan agar tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum.

 

Selain itu, pihak kepolisian mengarahkan panitia penyelenggara untuk segera mengurus izin resmi dengan melengkapi syarat administrasi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pembubaran dilakukan dengan menjaga situasi agar tetap aman dan terkendali.

 

Kegiatan ini didukung oleh sejumlah kendaraan operasional, termasuk 1 unit mobil D Max, 2 unit mobil lalu lintas, dan 2 unit motor dinas. Peralatan yang digunakan meliputi 2 pucuk flashball dengan 4 peluru, 2 pucuk V2 Sabhara, dan 30 butir peluru dengan rincian peluru hampa, tajam, dan karet.

 

Kompol Rulyanto J. Putera Pahroen menyatakan bahwa langkah ini diambil untuk menegakkan hukum dan memastikan bahwa semua kegiatan publik dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku. "Kami berkomitmen untuk terus menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah Kabupaten Sikka," tegasnya.

 

Pernyataan tersebut mencerminkan komitmen Polres Sikka dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Kabupaten Sikka guna memastikan lingkungan yang aman dan teratur bagi masyarakat, serta mendukung pelaksanaan berbagai program pemerintah dan kegiatan masyarakat.