POLRES SIKKA GELAR SIMULASI PENGAMANAN PILKADES SERENTAK

POLRES SIKKA GELAR SIMULASI PENGAMANAN PILKADES SERENTAK

Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak se-Kabupaten Sikka yang akan berlangsung tanggal 30 januari 2016 nanti, Polres Sikka gelar simulasi pengamanan proses Pilkades di Lapangan Apel Polres Sikka, kamis (21-1-2016 pukul 08.30 wita).

Kegiatan simulasi berawal dari proses pencoblosan di TPS, namun terdapat sebagian warga yang memprotes karena namanya tidak masuk dalam DPT. Setelah diberikan penjelasan oleh petugas KPPS, warga ini tetap protes sehingga personil Polri yang melakukan pengamanan di TPS turut membantu mengamankan warga tersebut. Namun warga tidak menggubrisnya hingga protes meluas berlangsung di luar TPS. Mendapat laporan dari personil Polri yang berada di TPS tersebut, Polres Sikka menerjunkan tim negosiasi untuk melakukan negosiasi dengan warga yang melakukan protes. Proses negosiasi gagal, sehingga Polres Sikka kemudian menurunkan Dalmas awal menggunakan tali. Karena situasi tidak dapat dikendalikan sebab warga yang protes semakin banyak menjadi massa dan melempari petugas, sehingga Polres Sikka menerjunkan Dalmas inti yang menggunakan tameng. Sebab massa semakin beringas dengan melempari dan melakukan perlawanan dengan petugas, maka Kapolres Sikka berkoordinasi dengan Kaden Brimob Den B Pelopor untuk menerjunkan pasukan PHH untuk membubarkan massa. Akhirnya situasi sudah dapat dikendalikan dan proses simulasi selesai.

Hadir dalam simulasi ini, Kapolres Sikka, Kabagops, Kasat Sabhara, Kaden Brimob Den B Pelopor, para Perwira Brimob, para Kapolsek dan para Perwira jajaran Polres Sikka.