Satuan Binmas Polres Sikka Himbau Masyarakat Wuring Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem dan Tetap Jaga Kamtibmas

Satuan Binmas Polres Sikka Himbau Masyarakat Wuring Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem dan Tetap Jaga Kamtibmas

Tribratanewssikka.com, Maumere - Pukul 09.30 WITA, Satuan Binmas Polres Sikka melaksanakan kegiatan himbauan Kamtibmas dan himbauan waspada bencana alam kepada masyarakat di Kampung Wuring, Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Sikka, AKP Mikael D. Donis, melibatkan anggotanya, yaitu Aiptu Polikarpus Arifin, Aipda Maria Avelina, Aipda Yulius Langga, dan Bripka Paulus Nong Sendi. Sasaran kegiatan ini adalah para nelayan dan warga Wuring.

Dalam kegiatan tersebut, diberikan himbauan kepada masyarakat dengan beberapa maksud. Pertama, agar masyarakat berperan aktif dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayahnya. Kedua, agar selalu tertib dalam berlalu lintas, terutama bagi para pengendara roda dua maupun roda empat, mengingat Polres Sikka sedang melaksanakan Operasi Keselamatan 2024.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk memberikan informasi kepada pihak keamanan Polres, Polsek, atau Pos Pol terdekat apabila menemukan orang yang mencoba merekrut orang untuk bekerja di luar negeri serta memberikan himbauan terkait bahaya perdagangan orang. Larangan terhadap aktivitas narkoba dan perjudian juga disampaikan.

Himbauan lainnya adalah agar warga masyarakat dan para nelayan waspada terhadap curah hujan yang semakin meningkat dan angin kencang yang dapat menyebabkan gelombang laut besar, pohon tumbang, tanah longsor, dan banjir. Apabila ada yang melakukan hal-hal yang dapat mengganggu Kamtibmas, masyarakat diimbau untuk segera melaporkan kepada pihak kepolisian, baik melalui Polres Sikka maupun dengan menelepon ke Call Center Polres Sikka di nomor 110.

Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah bahwa nelayan dan masyarakat menerima dan merespons dengan baik kegiatan tersebut serta sebagai bentuk informasi bagi mereka untuk selalu waspada.

Kegiatan ini menggunakan 1 unit mobil minibus Binmas dan berlangsung hingga pukul 11.30 WITA dengan aman dan lancar. Ini menjadi langkah konkret dari kepolisian dalam membangun kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadap aturan serta menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Sikka.