Problem Solving, Bhabinkamtibmas Polsek Paga Bantu Mediasi Permasalahan Warga Di Desa Binaannya

Problem Solving, Bhabinkamtibmas Polsek Paga Bantu Mediasi Permasalahan Warga Di Desa Binaannya

Tribratanewssikka.com, Maumere – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) adalah petugas Polri yang bertugas di tingkat desa sampai dengan kelurahan yang bertugas mengemban fungsi Pre-emtif dengan cara bermitra dengan masyarakat. Tugas Pokok Bhabinkamtibmas (Pasal 27 Perkap No 3 Tahun 2015) adalah melakukan pembinaan masyarakat , deteksi dini dan mediasi/negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa / kelurahan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh anggota Bhabinkamtibmas Polsek Paga Brigpol Sudirman Abullah, yang pada hari Minggu (7/6) sekitar pukul 17.00 wita, membantu mediasi penyelesaian masalah warga di desa binaannya, tepatnya di Dusun Ijukutu, Desa Wolowiro, Kec. Paga, Kab. Sikka.

Dalam kesempatan tersebut, Brigpol Sudirman membantu menyelesaikan masalah penganiayaan yang dilakukan oleh seorang warga yang berinisial S terhadap korban yang berinisial B yang mana kejadian tersebut terjadi pada hari Jumat (5/6).

Dengan bantuan mediasi oleh petugas bhabinkamtibmas, dengan hati yang sadar dan penuh penyesalan atas perbuatannya, Saudara S meminta maaf terhadap korban yang berinisial B. Sikap bijak Korban ditambah dengan ada ikatan kekeluargaan diantara mereka, akhirnya Saudara Korban yang berinisial B menerima permintaan maaf Saudara Pelaku yang berinisial S dan selanjutnya  kedua belah pihak bersepakat agar masalah tersebut diselesaikan secara kekeluargaan.

“Terimah kasih kepada kedua belah pihak dengan dasar kesadaran masing-masing mampu mendamaikan hati mereka masing-masing, dan terima kasih juga kepada Bapak Dusun Ijukutu, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat yang telah bersama-sama hadir dalam proses Penyelesaian” ungkap Brigpol Sudirman usai melaksanakan mediasi. (k21)