Waka Polsek Alok Polres Sikka Gelar Sambang dan Cooling System Dengan Tokoh Agama, Guna Wujudkan Pilkada Sikka 2024 Aman dan Damai

Tribratanewssikka.com-Maumere.

Maumere,19-09-2024.

Dalam rangka mendukung terselenggaranya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sikka yang aman, damai, dan sejuk, waka Polsek Alok Polres Sikka IPDA LAURENSIUS LAKA secara intensif menggelar kegiatan sambang dan cooling system di berbagai wilayah. Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah kunjungan langsung ke Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama  untuk menciptakan suasana kondusif menjelang Pilkada Sikka 2024.

Pada Hari Selasa (19/09/2024), pukul 08.00 WITA, Waka Polsek Alok IPDA LAURENSIUS LAKA di dampingi kanit intel Polsek Alok  AIPDA FRANSESKO B PEDOR melaksanakan kegiatan Sambang dan Penggalangan ( Coolling System) di Paroki Missir,Kelurahan Madawat,Kec.Alok,Kab.Sikka.

Kegiatan ini merupakan bagian dari strategi Cooling System yang diinisiasi Kapolres Sikka dan Jajaran guna meredam potensi konflik serta menjaga stabilitas keamanan selama proses Pilkada Sikka tahun 2024 berlangsung.

 

Sasaran Sambang dan Coolling System kali ini difokuskan di lingkungan Paroki Missir dan sekitarnya. Lokasi ini dipilih mengingat pentingnya peran toko agama,masyarakat dan organiasi dalam kegiatan silturami mengalang dukungan kerja sama.

 

Waka Polsek Alok IPDA LAURENSIUS LAKA melakukan pendekatan persuasif kepada Tokoh Agama ROMO DONATUS DU'U agar memberikan himbaun kepada umat Katholik Paroki Misir untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pilkada 2024 ini, dan terlibat dalam sosialisasi dan kampanye pemilukada Damai Kab.sikka.

 

Selain itu diharapkan agar para toko agama dapat membantu memberikan edukasi kepada Masyarakat mengenai pentingnyaa berpasrtisipasi dalam pemilukda Sikka 2024  secara damai dan sesuai aturan yang di terapkan. Giat ini dilaksanakan mengingat pentingnya peran toko agama dalam meredam indikasi konflik yang terjadi di masyarakat.

 

Kegiatan sambang dan penggalangan ( Coolling System ) ini mendapatkan respon positif dari toko agama dan sangat mendukung upaya persuasif yang dilakukan oleh POLRI khususnya Polres Sikka dan jajaran.

 

ROMO DONATUS DU'U menyampaikan bahwa "Saya selalu toko agama mendukung penuh upaya kepolisian dalam hal ini untuk mewujudkan pemilukada yang damai dan aman". Saya bersama Umat Paroki siap untuk bekerja sama dengan Kepolisian Resor Sikka untuk menjaga Kamtibmas menjelang Pemilukada Sikka 2024.

 

Kegiatan sambang dan Coolling System berjalan dengan lancar, tanpa adanya hambatan. Dengan pendekatan ini, diharapkan masyarakat semakin terlibat aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban, sekaligus mencegah segala bentuk provokasi yang dapat mengganggu kelancaran proses pemilihan. Polres Sikka mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan serta dalam mewujudkan Pilkada yang aman dan damai. (CM²⁵)